Senin, 20 Juni 2011

Dari Peresmian Rumah Cahaya Kerjasama FLP dan Pustarda

Tingkatkan Minat Baca, Didukung Buku-Buku Pustarda

Lagi-lagi, fasilitas pendidikan baru hadir di Kota Idaman. Salah satunya, Rumah Cahaya di Jalan Nilam 2 nomor 79 Komplek Amaco Banjarbaru, yang dibangun atas kerjasama Forum Lingkar Pena (FLP) Banjarbaru bekerjasama dengan Kantor Perpustakaan dan Aset Daerah (Pustarda) Banjarbaru.

RUMAH Cahaya yang merupakan bagian dari Rumah Cerdas ini, bakal menyediakan buku-buku yang didistribusikan dari Pustarda Banjarbaru. Rumah Cahaya itu berdiri tepat di depan SDN Loktabat 7 . Hal ini dapat meningkatkan minat baca siswa di sekolah ini. Kemudian, buku-buku yang tersedia itu tidak hanya dikhususkan untuk anak-anak, namun juga orang tua. Pasalnya juga terdapat buku keterampilan kerajinan tangan dan berwirausaha.

“Kurang lebih ada sekitar 350 eks buku yang kami distribusikan ke Rumah Cahaya, semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Kepala Pustarda Banjarbaru H Nurliani Dardie.
Kemudian, Anggota Komisi I DPRD Provinsi, Ir Sugeng Susanto yang juga berhadir dalam peresmian Rumah Cahaya, Sabtu (18/6) tadi mengatakan, sangat terharu dengan kepedulian forum mahasiswa seperti FLP Banjarbaru ini. Menurutnya, sangat jarang sekali ada suatu organisasi masyarakat yang bisa menyentuh langsung pendidikan di tengah-tengah masyarakat. “Semoga organisasi atau instansi lainnya bisa mencontoh FLP Banjarbaru ini,” ujarnya.

Kemudian, Ketua FLP Banjabaru Ery Zulfian mengatakan, dibentuknya Rumah Cahaya ini untuk memudahkan akses masyarakat sekitar untuk mendapatkan buku. “Dengan adanya Rumah Cahaya ini, bakal mampu meningkatkan minat baca, terutama anak-anak,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan pengelola Rumah Cerdas, Rita Martini. Menurutnya, ia mengizinkan FLP Banjarbaru untuk mendirikan Rumah Cahaya, karena dari segi visi misi sama, yakni meningkatkan minat baca masyarakat Banjarbaru. Dikatakannya, Rumah Cerdas yang sudah berdiri lima tahun lebih ini bergerak pada Bimbel (Bimbingan Belajar). “Dengan adanya Rumah Cahaya ini, anak-anak Bimbel ataupun umum sekalipun bisa langsung membaca buku di Rumah Cahaya, tanpa jauh-jauh lagi ke Perpustakaan ataupun pusat baca di Banjarbaru lainnya,” ujarnya.

Dalam peresmian kemarin digelar dua lomba yakni lomba mewarnai dan bercerita. Ada sekitar 43 anak yang ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi kemarin. Salah satu orang tua murid, Ani mengatakan, kegiatan semacam ini dapat meningkatkan kreativitas dan cara berpikir anak. “Kalau ada acara-acara seperti ini, anak saya biasanya ikut terus,” ujar ibu Hasan Maulani (mat/ay/abj* www.radarbanjarmasin.co.id)

Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Kami

Photobucket Photobucket Photobucket
 

Followers

Photobucket

Rumah Cahaya FLP Copyright © 2009 BeMagazine Blogger Template is Designed by Blogger Template
In Collaboration with fifa