Rabu, 31 Maret 2010

Tak Pernah Berhenti Meski Tengah Direnovasi

Rumah Cahaya FLP (RC FLP) memang sedang direnovasi, tapi kegiatannya tak pernah berhenti. Sabtu, 1 November 2009, tepatnya pukul 8.00 WIB. Pelataran Yayasan Ibu Harapan (YIH) telah dipenuhi oleh anak-anak dengan usia antara 11-16 tahun. Jumlah mereka lumayan banyak, kurang lebih 70 orang. Anak-anak itu berasal dari anak yatim dan duafa yang dibina oleh YIH dan yayasan yatim piatu yang merupakan jejaring YIH.

Hari itu ada dua agenda yang hendak digulirkan RC FLP di YIH. Pertama, silaturahmi antara pengurus RC FLP dengan pengurus YIH dan Forum Lingkar Pena (FLP) Depok. Acara ini berlangsung di ruang perpustakaan YIH, yang menampung pula fasilitas perpustakaan RC FLP.

Agenda kedua adalah pelatihan menulis untuk anak yatim dan duafa. Koko Nata, mantan ketua FLP Depok yang beberapa tahun belakangan ini intens mengembangkan metode pelatihan untuk anak, memandu acara tersebut. Ia tidak sendirian. Yana dan Ikmal, aktivis RC FLP yang juga anggota FLP Depok menjadi asistennya.

“Banyak peserta yang masih malu-malu,” kata Koko, “kebanyakan yang berani aktif dalam pelatihan itu anak-anak SMP dan SMA. Tapi waktu dimintai pendapat mereka mengenai pelatihan ini, kebanyakan antusias.”

Menurut Koko, mereka menyukai pelatihan menulis itu karena berbeda dengan yang di sekolah. Kata mereka, “Nggak perlu mikir.” Koko Nata memang menyampaikan pelatihan lewat permainan-permainan menyenangkan yang membuat peserta mau tak mau jadi terlibat.

Pelatihan semacam ini akan jadi agenda rutin RC FLP dalam menjaring potensi-potensi anak-anak yatim dan duafa. Mereka yang berminat dan berbakat kemudian akan dibina lebih lanjut melalui program kelas menulis untuk duafa yang akan dibuka di RC FLP. (DP, tebingcakrawala@yahoo.com)
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Kami

Photobucket Photobucket Photobucket
 

Followers

Photobucket

Rumah Cahaya FLP Copyright © 2009 BeMagazine Blogger Template is Designed by Blogger Template
In Collaboration with fifa